Li-Fi , Teknologi Jaringan Yang Saingi Wi-Fi !!





Selama ini, masyarakat awam hanya mengenal teknologi jaringan Wi-Fi sebagai jaringan nirkabel tercepat hingga saat ini, tetapi masyarakat tidak mengetahui bahwa ada jaringan tercepat selain Wi-Fi yaitu Li-Fi .



Li-Fi Adalah teknologi jaringan nirkabel yang siap menggantikan teknologi Wi-Fi dengan kecepatan 100 kali lebih cepat. Untuk pertama kalinya, teknologi ini diuji di luar laboratorium dan selama ini menunjukkan hasil yang memuaskan.

Teknologi Li-Fi dapat mengirimkan data dengan kecepatan yang sangat tinggi, yaitu mencapai 100GBps atau 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi nirkabel Wi-Fi yang memiliki kecepatan maksimum 600 megabit per detik. Dengan kecepatan tinggi itulah, anda dapat mendownload film-film yg resolusinya 720p/1080p hanya butuh waktu hitungan detik saja :D .



Teknologi nirkabel Li-Fi mungkin tidak bisa menggantikan sepenuhnya jaringan Wi-Fi yang ada saat ini, teknologi ini dapat digunakan bersamaan dengan Wi-Fi agar mendapatkan jaringan yang lebih Joss :D . Teknologi Li-Fi ini kemungkinan akan di distributorkan pada 3-4 tahun mendatang , teknologi ini memerlukan sebuah sensor Infrared untuk bisa berkoneksi ke internet

Sebelum teknologi ini diperkenalkan ke masyarakat luas, sebelumnya perangkat-perangkat saat ini harus dibekali dengan teknologi yang dapat menerima data dari cahaya Li-Fi yaitu Infrared.


A. Kelebihan dari Li-Fi


– Li-Fi lebih murah daripada Wi-Fi.

– Li-Fi dapat digunakan di daerah sensitif elektromagnetik seperti di pesawat terbang dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

– Tidak seperti Wi-Fi, yang kapasitasnya terbatas, Li-Fi tak terbatas kapasitasnya.

– Li-Fi menjanjikan kecepatan transfer yang lebih cepat dibanding Wi-Fi.

– Pemancar LED, yang ditempatkan secara merata, sehingga koneksi internet di dalam ruangan tetap stabil.

– Karena cahaya tidak bisa menembus dinding, sehingga penggunaan Li-Fi lebih aman daripadaWi-Fi.

– Li-Fi juga mampu menyediakan konektivitas nirkabel dirumah tanpa takut terjadi kebocoran sinyal.



B. Kekurangan dari Li-Fi

– LiFi memiliki range yang kecil, karena jarak antara receiver dengan transmitter harus dekat.

– Karena cahaya tidak bisa menembus dinding, sehingga penggunaan Li-Fi hanya sebatas ruangan yang terdapat cahaya dari Li-Fi

LEBIH JELASNYA SILAHKAN KUNJUNGI WIKIPEDIA /OFFICIAL

0 comments: